Pada tutorial kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara menambahkan produk baru melalui menu Data Master Produk.

Data Master Produk adalah kumpulan informasi mengenai produk-produk yang dijual oleh perusahaan Anda.

Kegunaan Data Master Produk adalah untuk membantu dan memudahkan mengelola produk yang Anda jual. Contohnya, melakukan transaksi jual beli, mengelola persediaan produk dan memonitor profitabilitas setiap produk Anda.

Untuk menambahkan data produk baru, bisa kita lakukan dengan langkah berikut:

1. Klik Menu Data Master.

2. Klik Produk. Halaman ini nantinya akan memuat daftar produk-produk yang Anda masukkan.

3. Untuk menambahkan produk baru, klik Buat Produk Baru.

4. Pada halaman ini, kita bisa mengisi detail informasi produk.

  • Nama produk dapat diisi sesuai dengan kebutuhan Anda, misalkan untuk produk ini akan saya beri nama laptop A.
  • Untuk kode produk, misalkan saya isi dengan LP-A yang menandakan bahwa produk ini adalah laptop A.
  • Tipe produk. Tipe produk dibagi menjadi tiga jenis, saya akan bantu jelaskan satu per satu. Tipe produk pertama, produk non-inventory adalah produk fisik yang Anda monitor jumlah persediaannya, namun tidak dijual ke pelanggan. Contohnya plastik yang digunakan hanya untuk keperluan membungkus barang dan bukan untuk dijual. Yang kedua yaitu produk persediaan, ini adalah produk fisik atau produk berwujud yang Anda jual kepada pelanggan. Produk laptop yang saya input sebelumnya adalah produk persediaan, karena laptop adalah barang berwujud yang akan saya jual ke pelanggan. Produk ketiga, produk jasa adalah produk tidak berwujud yang kita jual kepada pelanggan. Perbedaan dari produk persediaan dan produk jasa adalah pada produk persediaan kita dapat menghitung jumlah stok atau persediaan yang tersedia. Contoh produk jasa misalnya, jasa reparasi laptop. Di tutorial kali ini, saya akan memilih tipe produk persediaan.
  • Untuk kategori produk dapat kita tambah dengan mengetik nama kategori yang kita inginkan. Kemudian tekan tombol enter pada keyboard. Misalkan saya akan buat kategori baru dengan nama elektronik.
  • Untuk sub kategori dapat diisi jika kategori tersebut memiliki anak. Misalkan untuk sub kategori ini, saya akan memasukkan laptop.
  • Untuk satuan misalkan akan saya isi dengan unit.
  • Harga jual adalah harga produk ketika Anda menjualnya kepada konsumen. Untuk harga jual produk ini, saya masukkan sebesar Rp 5.000.000,-.
  • Harga beli adalah harga produk ketika Anda membelinya dari supplier. Anda juga dapat memasukkan pembuatan produk menjadi harga beli, contoh ketika perusahaan Anda membuat produk sendiri seperti usaha katering dan sablon. Untuk produk ini, saya akan masukkan harga beli sebesar Rp 4.000.000,-.
  • Profit margin adalah persentase selisih harga jual dan harga beli produk Anda. Ini akan otomatis dihitungkan oleh software berdasarkan harga yang Anda input sebelumnya.
  • Markup price adalah nilai selisih harga jual dikurangi harga beli. Ini juga otomatis dihitung oleh sistem.
  • Deskripsi product, pada baris isian ini, Anda dapat memasukkan penjelasan produk Anda. Misal deskripsi produk ini adalah laptop warna hitam dengan layar 17 inci.
  • Untuk akun biaya dan akun pendapatan, sudah otomatis dipilihkan oleh sistem. Jika diperlukan, Anda dapat mengubah sesuai dengan keinginan.

5. Setelah kita yakin seluruh informasi telah benar, klik Buat untuk menyimpan data produk tersebut.

6. Anda dapat mengubah informasi produk yang telah dibuat sebelumnya dengan melakukan klik pada tombol Edit.

7. Anda dapat juga menghapus tombol produk melalui tombol Hapus.

Demikian panduan untuk memasukkan data produk baru di software Finata. Semoga bermanfaat! 🙂

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *