Di tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana melakukan input transaksi penjualan di Menu Transaksi dengan menggunakan software Finata.

Berikut langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Klik Menu Transaksi.

2. Pilih Penjualan. Maka akan muncul sub menu daftar penjualan, penawaran penjualan dan pesanan penjualan.

3. Jika Anda melakukan input transaksi penjualan tidak melalui proses penawaran penjualan maupun pesanan penjualan, Anda bisa langsung pilih daftar penjualan, dengan cara klik Daftar Penjualan.

4. Pilih Buat Transaksi Penjualan, maka akan muncul daftar isian untuk melakukan input transaksi penjualan.

5. Isi kolom kosong pada lama Buat Transaksi Penjualan Baru.

  • Pilih Pelanggan yang sebelumnya Anda isi di Menu Data Master Pelanggan, atau Anda juga bisa langsung buat tambah data pelanggan baru di menu ini.
  • Nama Transaksi diisi misalnya penjualan produk yang Anda jual.
  • Kategori dapat Anda isi sesuai kategori produk yang Anda jual. Misalnya kategori penjualan produk ritel, maka tinggal isi ritel, lalu klik.
  • Tanggal Transaksi bisa Anda isi sesuai tanggal transaksi penjualannya. Misalkan tanggal 1 Oktober 2019.
  • Keterangan diisi dengan menuliskan deskripsi dari penjualan produknya. Misalkan ukuran atau model produk.
  • Pilih Metode Pembayaran, apakah transaksi penjualan secara tunai atau tempo. Apabila transaksinya secara tunai, Anda pilih tunai. Kemudian melanjutkan ke akun penerimaan transaksi penjualannya dengan cara menekan klik di baris Kas atau Bank. Maka akan muncul pilihan kas maupun akun bank yang menerima pembayaran dari transaksi penjualan tersebut. Apabila transaksi penjualan secara tempo, maka Anda pilih tempo. Selanjutnya jika ada penerimaan uang muka, maka Anda bisa isikan nominal uang muka yang diterima. Untuk jangka waktu akan terisi otomatis sesuai dengan data pelanggan yang telah Anda isi di Data Master Pelanggan.
  • Berikutnya Anda lanjutkan ke akun penerimaan transaksi penjualannya dengan cara menekan klik di Kas atau Bank, maka akan muncul pilihan kas maupun akun bank yang menerima pembayaran dari transaksi penjualan tersebut.
  • Selanjutnya, apabila bisnis Anda jasa, maka Anda tidak perlu untuk mengisi gudang. Tapi apabila bisnis Anda menjual produk barang, maka Anda bisa mengisi gudang dengan cara klik di baris Gudang dan pilih Toko.
  • Anda bisa input data Produk yang Anda jual dengan cara melakukan klik tombol Tambah Data di menu daftar penjualan, maka akan muncul pilih produk. Produk ini akan otomatis muncul apabila anda sudah mengisi Data Master Produk yang Anda miliki. Tetapi apabila akan menambahkannya langsung di menu ini, maka Anda tinggal pilih tambah baru.
  • Selanjutnya Anda isi Kuantitas.
  • Isi Diskon.
  • Isi PPN jika penjualannya termasuk pajak.

Dengan begitu, otomatis total penjualannya akan muncul setelah Anda isi semua data transaksi penjualan.

Anda harus memastikan kembali apakah data-datanya sudah terisi dengan benar sesuai bukti transaksinya.

6. Apabila sudah sesuai maka Anda tinggal klik tombol Posting. Maka transaksi yang sudah Anda input sudah masuk ke dalam jurnal dan laporan keuangan secara otomatis.

Demikian panduan untuk input transaksi penjualan di software Finata. Semoga bermanfaat! 🙂

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *