Buku besar merupakan salah satu alat yang digunakan dalam melakukan pencatatan perubahan-perubahan yang terjadi pada akun yang disebabkan karena adanya transaksi keuangan sebuah perusahaan.

Dengan kata lain buku besar adalah buku yang berisi perkiraan-perkiraan yang mengikhtisarkan pengaruh adanya transaksi keuangan terhadap perubahan beberapa akun, seperti aktiva, kewajiban, dan modal perusahaan.

Banyaknya jumlah perkiraan buku besar yang dibutuhkan atau dicatat setiap perusahaan tentu berbeda-beda. Hal ini karena tergantung pada kekayaan dan keuangan perusahaan, jenis, kegiatan, volume transaksi, dan informasi yang diinginkan perusahaan.

Di dalam pembukuan akuntansi, istilah pencatatan dari jurnal umum ke dalam buku besar disebut dengan istilah posting. Hal ini karena buku besar merupakan pemindahan sebuah akun atau sering dikenal dengan sebutan posting dari jurnal umum. Jadi, dapat kita pahami bersama pencatatan buku besar ini dilakukan saat kita telah selesai melakukan pencatatan pada jurnal umum.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *