Pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan tentang fitur transaksi pembelian di Menu Transaksi dengan menggunakan software Finata.

Fitur ini digunakan untuk melakukan input transaksi pembelian persediaan barang untuk dijual kembali.

Di tutorial ini akan dibantu cara melakukan input transaksi pembelian langsung tanpa melalui permintaan pembelian maupun pesanan pembelian.

Untuk memulai input transaksi pembelian Anda bisa melakukan langkah berikut ini:

1. Klik Menu Transaksi.

2. Pilih Pembelian. Maka akan muncul sub menu daftar pembelian, permintaan pembelian dan pesanan pembelian.

4. Klik Daftar Pembelian, maka Anda akan masuk ke halaman daftar pembelian.

5. Klik tombol Buat Transaksi Pembelian.

6. Anda akan masuk kedalam halaman Buat Transaksi Pembelian Baru. Selanjutnya Anda bisa memulai pengisian transaksi pembelian.

  • Nama supplier, akan otomatis muncul apabila Anda sudah melakukan input Data Master Supplier dengan cara menekan tombol dibaris supplier. Atau Anda juga bisa menambah data baru suppliernya pada menu ini.
  • Isi nama transaksi pembeliannya. Misalnya “pembelian produk”.
  • Input kategori produk, misalkan pembelian jaket, maka Anda tinggal isikan jaket lalu tekan enter.
  • Tanggal transaksi pembeliannya, misalkan tanggal 2 Oktober 2019.
  • Keterangan misalnya dengan menulis pembelian jaket.
  • Anda bisa isi metode pembayaran dengan cara menekan tombol di baris metode pembayaran. Apakah pembayarannya secara tunai atau tempo. Apabila metode pembayarannya secara tunai, Anda tinggal pilih tunai. Kemudian isi akun Kas atau Bank. Jika pembayarannya dengan menggunakan transfer bank, Anda tinggal pilih akun bank yang Anda miliki. Atau apabila pembayarannya menggunakan kas besar bisnis Anda, maka pilih akun kas besar.
  • Selanjutnya Anda isi uang muka jika ada pembayaran uang muka.
  • Apabila metode pembayarannya secara tempo, Anda tinggal pilih tempo. Kemudian Anda isi jangka waktu dan jatuh temponya.
  • Kemudian isi akun kas atau bank. Jika pembayarannya dengan menggunakan transfer bank Anda tinggal pilih akun bank yang Anda miliki. Atau apabila pembayarannya menggunakan kas besar bisnis Anda, maka pilih akun kas besar.
  • Berikutnya Anda bisa isi baris gudang dengan menekan tombol pada isian ini. Maka akan muncul toko, Anda bisa langsung pilih.
  • Klik tombol Tambah Data untuk memilih produk yang dibeli. Apabila produk tersebut sudah terdaftar di Data Master Produk, maka Anda tinggal memilih produk yang Anda beli. Tetapi apabila produk baru, Anda bisa tambah baru di menu ini.
  • Lalu Anda bisa isi kuantitas, diskon dan PPN (pajak).
  • Isi biaya pengirimannya, jika ada.

7. Anda bisa pastikan lagi apabila data-data yang ada input sudah benar dan sesuai. Jika sudah sesuai, Anda bisa tekan tombol Posting.

Dengan begitu, secara otomatis data pembelian tersebut masuk ke dalam Daftar Pembelian dan akan masuk ke dalam Jurnal dan Laporan Keuangan.

Demikian panduan untuk pengisian transaksi pembelian di software Finata. Semoga bermanfaat! 🙂

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *